Jumat, 23 Desember 2016

All About CLAMP Anime/Manga




Kombanwa minna-san.. ^_^"
Bertemu lagi dengan saya sebagai admin di blog ini. Yahh mungkin sebagian dari kalian ada yg menunggu update artikel2 dari saya atau juga ada yg mengacuhkan artikel2 di blog saya karna yg isinya terbilang simple, yaa maklum lah namanya jg masih beginner dalam hal per-blog-an.

Well, sesuai dengan judul artikel di atas, kali ini saya akan membeberkan segala tentang CLAMP. Wah, bagi yg menyukai karya2nya pasti langsung teringat dengan anime2nya macam Cardcaptor Sakura, Tsubasa Reservoir Chronicle, Magic Knight Rayearth, dll.

Nah, pasti bagi kalian yg baru mengenal anime akan bertanya-tanya seperti ini :

"Apa itu CLAMP??"
"Semacam studio kah atau perusahaan pemberi lisensi anime gitu yaa??"
"Apa menariknya sih CLAMP itu??"
"Seberapa hebatnya sih CLAMP itu??"

Dari pada semakin penasaran mengenai si CLAMP ini, lebih baik kalian simak berikut yuk seluk-beluk CLAMP mulai dari sejarah hingga karya2 menarik buatannya.. ^_^"


[Sebelumnya, sebagai catatan bahwa kumpulan ulasan dari artikel saya ini adalah hasil dari review orang lain yg di copy-paste dari berbagai sumber yg tertera di bagian paling akhir artikelnya, namun dengan beberapa editan saya juga sih, jadi kalo kalian ingin mengetahui info lengkapnya silakan tinggal meng-klik link sumber itu.]













Yuk, mari kita mengenal CLAMP??



Siapa otaku serta penggemar Manga yang tidak kenal dengan grup mangaka (komikus Jepang) yang sudah sangat beken ini?, Nama CLAMP sudah begitu mendunia sebagai grup mangaka professional dan jumlah penggemar mereka sudah mendunia. Karena itu tidaklah heran jika di kalangan penggemar manga dan para otaku, mendengar nama CLAMP ibarat seperti mendengar sebuah nama legenda hidup. Persamaannya mungkin mirip kalangan dunia musik jika mendengar nama grup “The Beatles”. CLAMP adalah sebuah grup yang beranggotakan 11 orang yang berasal dari daerah sekitar Kansai. Kesebelas anggota CLAMP semuanya perempuan yang terdiri dari Tamayo Akiyama, Sei Nanao, Soushi Hisagi, Leeza Sei (Yasuko Sei), Shinya Ohmi, Kazue Nakamori, O-kyon, Nanase Ohkawa, Mokena Apapa, Satsuki Igarashi dan Mikku Nekoi. Ini bukanlah masalah isu gender, tapi keberadaan mereka yang diakui dunia cukup memberikan bukti keunggulan bahwa mangaka-mangaka perempuan tidak kalah dibandingkan mangaka laki-laki. CLAMP sendiri tampaknya memang berusaha mendobrak masalah ketimpangan isu gender ini dengan motto kerja mereka yang terkenal berbunyi “Dari perempuan, oleh perempuan dan untuk perempuan”. Dan meskipun semuanya perempuan, hasil karya mereka juga banyak digemari kaum laki-laki, soalnya CLAMP memang banyak membuat karya-karya yang lebih diperuntukkan bagi kaum laki-laki seperti X, Sohryuden dan lain-lain.

Kesebelasan ini menghasilkan beberapa manga di awal eksistensi CLAMP. Namun ketika mereka tengah mengerjakan karya mereka yang berjudul “RG Veda” pada tahun 1989 di edisi bulan April, empat rekannya keluar dari grup CLAMP, yaitu Soushi Hisagi, Shinya Ohmi, Kazue Nakamori dan O-kyon. Kemudian menyusul 3 orang lagi yang keluar yaitu Tamayo Akiyama, Sei Nanao dan Leeza Sei. Praktis, akhirnya tinggal empat orang yang masih konsisten mengusung nama grup mereka yaitu Nanase Ohkawa, Mokona Apapa, Satsuki Igarashi dan Mikku Nekoi. Dengan sisa empat personil ini, eksistensi CLAMP bukannya terhambat, tapi justru semakin gila-gilaan menghasilkan karya-karya yang fenomenal dan jadi best seller. Nanase Ohkawa secara alamiah tampaknya didaulat ketiga temannya untuk menjadi otak dibalik setiap karya-karya mereka. Ia yang kerap membuat ide naskah cerita, desain dan menangani penjualan produk mereka. Satsuki Igarashi menjadi asistennya, yang mengembangkan ide-ide cerita asli dari Nanase dan juga turun tangan dalam pembuatan ilustrasi serta merancang desain. Mokona Apapa dan Mikku Nekoi sebagai illustrator. Selama bertahun-tahun mereka konsisten mernghasilkan karya-karya yang sesuai dengan motto kerja mereka tersebut dan tampaknya justru perjuangan mereka itulah yang memang sudah lama ditunggu oleh para penggemar manga & otaku perempuan sedunia. Ciri karya-karya CLAMP umumnya selalu berakhir dengan ending sedih. Ini sekarang membuat penggemar mereka jadi bête juga, sehingga akhir-akhir ini CLAMP mulai membuat karya yang berakhir dengan happy ending. Kekhasan lainnya yang mereka buat untuk lebih menjual nama mereka adalah dengan menampilkan nama grup mereka sebagai unsur produk dalam cerita, misalnya untuk nama sekolah, perguruan, toko dan lain sebagainya.






Berikut adalah info ke empat personil CLAMP :

Ageha Ohkawa

大川緋芭 (Ōkawa Ageha), dahulunya Nanase Ohkawa (大川七瀬Ōkawa Nanase)

Mokona

もこな (Mokona), dahulunya Mokona Apapa (もこなあぱぱMokona Apapa)

Tsubaki Nekoi

猫井 椿 (Nekoi Tsubaki), dahulunya Mick Nekoi (猫井みっくNekoi Mikku)

Satsuki Igarashi

いがらし寒月 (Igarashi Satsuki), dahulunya Satsuki Igarashi (五十嵐さつきIgarashi Satsuki)
Nama baru mereka diumumkan pada saat ulang tahun CLAMP yang ke-15, Anggota dari CLAMP mengubah nama mereka sejak tahun 2004 karena ingin suasana baru.




Berikut adalah karya2 buatan CLAMP :







1 . Angelic Layer
Angelic Layer berkisah tentang kehidupan seorang remaja putri yang akan naik kelas ke kelas 1 SMP, Suzuhara Misaki. Saat pertama kali datang ke kota Tokyo untuk melanjutkan sekolah ke SMP Eriol, ia tersesat di tengah kota. Waktu sedang kalut-kalutnya, secara tak sengaja Misaki menyaksikan acara pertarungan robot yang saat itu sedang amat populer dan acara itu disebut “Angelic Layer”. Iapun tertarik untuk membeli satu buah robot itu. Tanpa diduga-duga, ia bertemu dengan pria mirip orang mesum bernama Ichirou Mihara yang biasa dipanggil Icchan, tetapi Icchan sebenarnya adalah ketua tim riset Piffle Princess, pencipta Angelic layer. Robot itu disebut “Angel” dan pengendalinya disebut “Deus”. Angel itu bisa bergerak dan bertarung dengan Angel lain jika di atas Layer. Angel milik Misaki dinamai “Hikaru”. Shouko, tantenya memberitahu jika mama Misaki juga masuk dalam dunia yang sama dengan Misaki. Ia bertekad akan menemukan mamanya dan bersatu menjadi satu keluarga lagi.

Di sekolah ia berjumpa dengan kawan barunya, Tamayo Kizaki, Kotarou Kobayashi dan adiknya, Hatoko Kobayashi. Dari mereka Misaki mendapat bermacam pengalaman baru. Di Babak pertama turnamen se-Kanto, Misaki langsung berhadapan dengan Hatoko yang ternyata adalah deus profesional! Ia kalah, namun tidak menyerah. Di Setiap Turnamen terdapat pasangan deus dan angel yang semakin tangguh. pada pertandingan final Arisu Fujisaki, dia berhasil mengalahkan Arisu dengan kondisi layer yang tidak menguntungkan Hikaru.

Misaki mengalhkan Arisu dan membuat Arisu sadar bahwa angel bukanlah mainan yang tidak menyenangkan, ternyata selain Misaki bisa mendapatkan hadiah karena berhasil pada turnamen ini, dia juga bisa bertarung dengan Angel Athena yang tidak lain adalah angel kepunyaan mamanya.
Di akhir cerita Misaki berpacaran dengan Kotarou, serta hidup bersama mama dan tantenya.








2 . Cardcaptor Sakura
Card Captor Sakura adalah salah satu anime CLAMP yang berhasil memikat para otaku Indonesia. Meski sudah diputar berulang kali, tetap saja kita masih bisa terpesona dengan alur cerita dan artworknya. Anime yang berdurasi 70 episode ini juga dibuat dalam bentuk the movie sebanyak 2 series serta dibuatkan dalam bentuk manga berjumlah 12 volume. Card Captor Sakura adalah sebuah anime yang bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Sakura Kinomoto. Semua petualangannya sebagai Sakura si penangkap kartu dimulai ketika ia tanpa sengaja menemukan Clowbook yang tersimpan rapi di ruang kerja ayahnya, Fujitaka. Entah bagaimana, dari Clowbook itu tiba-tiba saja berhamburan kartu ketika Sakura tanpa sengaja membukanya. Nah, sejak saat itulah, Sakura yang kemudian bertemu dengan penjaga Clowbook Cerberus mulai bekerja sama untuk mengumpulkan kembali kartu-kartu yang berterbangan itu.

Tentu saja Sakura tidak sendirian. Disisinya selalu hadir Tomoyo. Cewek anggun berambut panjang yang hobi nge-shoot Sakura waktu beraksi ini ternyata masih ada hubungan saudara dengan Sakura. Mereka berdua memiliki kakek yang sama, Masaki Amamiya. Jadi secara nggak langsung, Tomoyo adalah sepupu Sakura. Selain Tomoyo, juga ada Li Shaoran. Cowok imut berdarah Chinese ini mulai bergabung dengan Sakura cs segera setelah doi menjadi murid baru di SD Tomoeda. Li Shaoran juga merupakan keturunan Clow yang bertugas menangkap kartu Clow juga.
Begitu banyak hal yang bisa dibicarakan tentang Cardcaptor Sakura, namun tidak terlalu banyak info mendetail tentang cowok pencipta Clow Card ini apalagi CLAMP sendiri jarang menampilkan gambar penyebab pembuat Clow Card ini.

Clow adalah cowok keturunan setengah Chinese setengah British (Inggris). Ibunya konon bermarga Li, dan terkenal sebagai keluarga yang menganut agama Tao yang taat. Hingga akhirnya Clow sendiri berhasil menjadi penyihir yang paling kuat di seluruh dunia, ia mampu menguasai elemen sihir yang merupakan penggabungan unsure sekolah sihir dari eastern dan western menjadi sihir hebat ala Clow. Sebagai bukti kehebatannya, ia menciptakan Yue (dari The Moon and Eastern Magic), Cerberus (The Sun and Western Magic) dan Clow Cards. Clow memiliki kekuatan untuk melihat masa depan, dan sialnya, kemampuannya ini tidak terkontrol. Ia melihat bahwa Sakura akan menjadi pewarisnya dan meninggalkan the Moon Bell dengan keluarga Mizuki Sensi Shrine ketika tahu bahwa Sakura akan mendapatkan kesulitan dalam melewati ujian yang dibuat oleh Yue kepada Sakura. Hingga kemudian Clow benar-benar meninggalkan Moon Bell dan pindah ke kota dimana kelak Sakura akan memulai misinya untuk menangkap kembali kartu-kartu yang terlepas. Tapi Rashiban (kompas) yang dipakai untuk ibunya (Li family), yang akhirnya jatuh ke tangan Li Shaoran yang Clow lihat akan membantu Sakura dalam petalangannya.

Namun ketika masa depan mulai terjadi, ending ramalan yang pernah dilihat oleh Clow berubah seiring dengan pilihan-pilihan yang diambil oleh Yukito dan Sakura. Dimana tadinya Clow mengharapkan kalau Yukito akan berakhir sebagai pasangan Sakura, ternyata tidak. In the end, Yukito akhirnya memilih Touya, dan Sakura bersama dengan Li Shaoran. Beyong all that, Clow yang sangat menyayangi Sakura ini juga akhirnya memastikan bahwa Sakura tidak akan menderita dari warisannya (bagi yang belum tahu : Sakura sebenarnya diberi ability untuk bisa melihat masa depan, tapi tidak seperti Clow yang terpaksa melihat, Sakura hanya bisa melihat jika ia ada keinginan untuk melihatnya). Clow memang meninggal jauh sebelum Sakura dan yang lainnya lahir ke dunia. Tapi sebelum kematiannya, ia membagi dirinya menjadi 2 roh, Eriol dan Fujitaka. Sayangnya pembelahan roh itu tidak terjadi seperti apa yang diinginkan oleh Clow, Eriol ternyata terlahir lebih powerfull dari Fujitaka.





3 . Tsubasa Reservoir Chronicle
Tsubasa: Reservoir Chronicle (ツバサ-RESERVoir CHRoNiCLE-, Tsubasa: Rezaboa Kuronikuru?) adalah sebuah manga oleh CLAMP. Tsubasa berarti sayap dalam bahasa Jepang. Inti cerita Tsubasa: Reservoir Chronicle adalah petualangan mencari memori berupa bulu sayap yang hilang.

Alkisah, tersebutlah sebuah negeri padang pasir bernama Clow. Di negeri yang damai inilah Syaoran bermukim sambil meneruskan impian mendiang sang ayah; menggali peninggalan purbakala yang terpendam jauh di gurun pasir. Karena urusan penggalian mewajibkannya rajin mengunjungi istana (untuk mengurus izin dan melaporkan hasil), sejak kecil Syaoran telah mengenal dan bersahabat dekat dengan Sakura, Tuan Putri dari kerajaan Clow. Sang Raja yang juga merupakan kakak kandung Sakura, Touya sebenarnya tidak terlalu menyukai hubungan mereka karena dia menyadari bahwa ada sesuatu yang aneh dalam diri Syaoran, dan kemungkinan besar akan berpengaruh besar ke masa depan kerajaan. Walaupun begitu, ia tidak melarang adiknya menyukai Syaoran yang sering disebutnya bocah tengik itu karena selalu mengingat pesan mendiang ayahnya untuk mempercayai masa depan. Suatu hari, Sakura mengunjungi tempat penggalian untuk menemui Syaoran, dan berniat untuk mengutarakan isi hatinya pada teman masa kecilnya itu. Tapi nasib berkata lain. Hari itu, segala ketenangan dan kedamaian Syaoran dan Sakura menghilang seiring munculnya segerombolan orang aneh berbusana serba hitam, disusul menghilangnya sayap yang tiba-tiba muncul di punggung Sakura saat gadis itu berdiri di atas simbol aneh yang ditemukan Syaoran di dalam reruntuhan kuil yang ditelitinya.

Keadaan bertambah buruk karena setelah sayapnya menghilang, Sakura tak kunjung sadar. Di lain pihak, Touya yang menghalau serangan para orang berbaju hitam terluka dan sang pendeta tertinggi Yukito yang menyadari apa arti hilangnya sayap Sakura langsung mengambil keputusan untuk mengirim Syaoran dan Sakura ke tempat Penyihir Dimensi yaitu di dunia lain. Di dunia lain itu Syaoran bertemu dengan seorang wanita anggun yang mengaku bahwa dirinya adalah Penyihir Dimensi (yang bernama Ichihara Yuko tapi tidak disebutkan) yang dimaksud oleh Yukito serta dua orang yang juga berasal dari dunia yang berbeda-beda. Singkat cerita, sang penyihir kemudian memberikan makhluk aneh bernama Mokona Modoki dengan bayaran benda paling berharga dari ketiga orang di hadapannya. Kurogane menyerahkan pedang naga kesayangannya, Fye tato untuk menahan kekuatan sihirnya dan Syaoran dihadapkan pada pilihan sulit; harga yang dituntut darinya adalah ‘hubungan’ dengan Sakura. Artinya, sekalipun bulu sayap Sakura terkumpul semua, ingatan Sakura tentang dirinya tidak akan kembali, dan hubungan mereka tidak akan sama lagi seperti dulu. Syaoran menerima, karena tidak mau jika Sakura harus mati begitu saja.

Dunia pertama yang mereka kunjungi adalah negeri Hanshin. Di sini mereka bertemu pasangan suami-istri Arisugawa Sorata dan Arashi. Di sini Syaoran berhasil mendapatkan dua helai bulu sayap Sakura. Kesadaran Sakura memang pulih, tetapi saat matanya terbuka, kata-kata yang pertama diucapkannya pada Syaoran adalah “Siapakah kamu?”. Dengan susah payah, Syaoran berhasil menahan perasaannya dan menjelaskan secara singkat pada Sakura siapa dirinya dan kenapa mereka bersama-sama. Setelah Fye mengambil alih pembicaraan, Syaoran diam-diam berjalan keluar dan menangis di tengah siraman hujan... Walaupun hatinya hancur, tekad Syaoran tak berubah. Ia tetap ingin mengumpulkan semua bulu sayap Sakura. Fye yang tertarik pada semangat anak itu berjanji akan membantu sebatas yang bisa dilakukannya. Sedangkan Kurogane, walau awalnya tidak berniat ikut-ikutan sama sekali dalam masalah pencarian bulu sayap Sakura, akhirnya turut membantu juga. Tapi perjalanan berpindah dunia yang mereka lakukan tidaklah semudah itu, karena tidak semua bulu sayap Sakura berada di tempat yang bisa segera dijangkau. Apalagi musuh sebenarnya selalu mengawasi mereka & memiliki seseorang yang sama dengan Syaoran.





4 . XXXHolic series
×××HOLiC (dibaca -holic seperti pada alcoholic; "×××" tidak dibaca) adalah sebuah seri manga yang diproduksi dan diterbitkan oleh CLAMP. Sebelumnya, manga ini pernah diterbitkan di Kodansha's Young KC Deluxe secara periodik sejak tahun 2003 dan saat ini dipublikasikan di Amerika Serikat oleh Del Rey Manga.

Film animasinya, xxxHOLiC - A Midsummer Night's Dream (
劇場版 ×××HOLiC 真夏ノ夜ノ夢 Gekijōban Horikku - Manatsu no Yoru no Yume?), telah dirilis di Jepang pada tanggal 20 Agustus 2005. DVD-nya juga telah dirilis pada bulan Februari 2006 sementara serial animasi TV-nya sudah disiarkan oleh TBS pada tanggal 6 April 2006 di Jepang. Lisensi film dan serial TV-nya di Amerika Serikat saat ini dipegang oleh FUNimation.

Watanuki Kimihiro tidak bisa dibilang mengawali hari dengan baik setiap paginya. Bukan karena ia malas atau semacamnya, melainkan karena setiap pagi dia harus main kucing-kucingan dengan segala macam roh dan hal-hal yang semacam itu, tanpa ia ketahui pasti penyebabnya. Nasibnya berubah ketika suatu pagi ia menyentuh pagar sebuah rumah. Semua makhluk jejadian yang menguntitnya mendadak lenyap. Penasaran, Watanuki mengintip ke dalam, kemudian seolah ditarik kekuatan tak terlihat, ia terseret masuk ke dalam bangunan di dalam pagar itu. Dua anak kecil menyambut kemudian mengantarnya ke hadapan orang yang mereka sebut majikan, seorang wanita cantik berambut hitam. Watanuki mengatakan hanya kebetulan saja dia datang di sana, yang langsung ditanggapi oleh wanita itu bahwa semua yang ada di dunia ini telah digariskan. Tidak ada yang namanya kebetulan. Watanuki tentu saja tidak langsung paham maksud wanita itu. Wanita itu kemudian mendefinisikan apa itu makna ‘telah digariskan’ dengan amat gamblang, kemudian mengakhiri penjelasannya dengan mengatakan semua itu dikutipnya dari kamus Kodansha. Kontan saja Watanuki mengomel tak karuan karena menganggap wanita itu membodohinya. Mengacuhkan kemarahan Watanuki, tanpa diminta wanita itu memperkenalkan diri sebagai Ichihara Yūko, tapi menambahkan bahwa itu adalah nama palsu, membuat Watanuki semakin kesal.

Setelah segala sumpah serapah dikeluarkan, Yūko akhirnya memberitahu Watanuki bahwa tempat mereka berada saat ini adalah ‘Toko’ kepunyaan Yūko. ‘Toko’ yang akan mengabulkan semua permohonan orang yang datang ke sana, tetapi memerlukan ‘harga’ yang sesuai dengan permohonan itu. ‘Harga’ yang dimaksud Yūko tidak terbatas pada uang atau materi. Bisa juga ‘jiwa’ si pemohon. Tapi ‘jiwa’ yang dimaksud Yūko bukanlah nyawa melainkan ‘sesuatu’ yang berharga bagi pemiliknya. Setelah menunjukkan kekuatannya, Yūko menawarkan diri untuk membantu Watanuki menghilangkan bakat melihat makhluk-makhluk yang disebutnya dengan Ayakashi, tetapi karena bakat itu ternyata berakar sangat dalam dalam darah keluarga Watanuki, Yūko tak bisa melakukannya saat itu juga. Ia kemudian memutuskan, ‘harga’ yang seimbang dengan penghilangan bakat itu adalah kerja di ‘toko’nya. Itu berarti, beres-beres, belanja, memasak dan segala pekerjaan rumah tangga lainnya. Watanuki pun menyetujuinya.

Hari-hari pertama kerja Watanuki sudah dihiasi dengan kasus yang tidak menyenangkan. Seorang wanita yang mendatangi ‘toko’ tewas di depan matanya karena tertabrak mobil. Menurut Yūko, memang tidak selamanya barang yang ada di ‘toko’nya itu membawa kebahagiaan. Walau tidak bisa melupakannya begitu saja, Watanuki belajar menerima kenyataan itu. Pekerjaan Watanuki tidak terbatas membersihkan ‘toko’ dan melayani Yūko saja. Kadang-kadang ia juga harus menghadapi Ayakashi mulai dari yang bersahabat sampai yang mengincar jiwanya. Dan, tidak terkecuali, manusia dengan keiinginan yang sangat kuat, sehingga kadang malah menghancurkan diri sendiri. Hari-hari perjuangan Watanuki untuk bisa bebas tampaknya masih jauh dari akhir.





5 . Kobato
Kobato adalah karya Clamp yang paling terbaru. Karya mereka yang satu ini sempat mengalami nasib yang sama dengan beberapa karya Clamp yang lainnya seperti X ataupun Gohou Drugs, yaitu terpending penerbitannya hingga beberapa lama. Namun, seiring dengan pengerjaan Tsubasa Reservoir Chronicle yang mulai memasuki tahap akhir, akhirnya Clamp mulai melanjutkan karya mereka yang satu ini lagi.
 
Belum tamat kisah dalam versi manganya, studio animasi Madhouse mulai mengangkatnya menjadi versi anime. Mulai bulan Oktober 2009 lalu Kobato disiarkan di stasiun NHK Jepang. Hingga enam bulan masa penayangannya, anime ini telah berjalan hingga episode ke 24. Madhouse menunjuk Mitsuyuki Masuhara untuk menyutradarai anime ini. Sementara Hiromi Kato menangani desain karakternya. Dan yang lebih special lagi, lagu tema anime ini dibawakan oleh Maaya Sakamoto. Sebelumnya Maaya Sakamoto juga mengisi lagu tema untuk serial Tsubasa mulai dari season pertama hingga kedua versi OAD [Original Animation DVD] nya.

Seperti karya-karya mereka sebelumnya semenjak Angelic Layer, sepertinya Clamp mulai ketagihan untuk sering menampilkan crossover karakter yang berasal dari karya-karya mereka yang lainnya. Dalam Kobato, ada beberapa karakter dari karya Clamp lain yang juga muncul sebagai cameo maupun dengan latar belakang yang agak berbeda dengan aslinya. Seperti misalnya Chitose Mihara yang merupakan “jelmaan” dari Chitose Hibiya yang muncul di Chobits. Begitu pula dengan Chiho dan Chise yang berasal dari serial yang sama. Di anime ini, mereka menjadi anak kembar dari Chitose. Sementara Kohaku, Shuuichiro dan Ushagi yang berasal dari Wish menjadi cameo, sama seperti dengan Misaki dan Tamayo dari Angelic Layer.

Cerita anime ini drama banget. Beda dengan Sailor Moon, Wedding Peach, atau Card Captor Sakura, walau sama-sama ada magic-nya, tapi Kobato nggak kebanyakan simsalabim berubah wujud. Bahkan Kobato nggak bisa berubah wujud (seperti halnya Sailor Moon). Episode pertama nyeritain kedatangan Kobato yang muncul dari langit secara misterius bareng Iorogi (yang dipanggil "Iryogi(?)" oleh Kobato). Sejak itulah kisah Hanato Kobato, gadis yang penuh semangat, ceria, dan selalu berpikiran positif dimulai.


Kobato harus ngumpulin konpeito (tercipta dari rasa sedih manusia) agar keinginannya untuk pergi ke tempat yang ia inginkan bisa terwujud. Tapi ada syarat yang nggak boleh Kobato abaikan. Selama 4 musim (panas, dingin, semi, gugur) Kobato harus sudah ngumpulin konpeito yang tersimpan di botol (aku lupa nama botolnya). Kalau nggak, maka keinginan Kobato nggak akan bisa terwujud. Selama aku ngikutin cerita anime ini, jujur ya, kadang aku ngantuk. Bagus sih, cuma karena kisahnya drama (khas anime banget) kadang aku bosan. Tapi aku terus ngikutin (karena penasaran) hingga episode terakhir.

Selama Kobato ngumpulin konpeito, ia kerja di TK Yomogi yang diasuh oleh Sayaka. Namanya juga anime ya, Kobato yang jelas-jelas orang asing, bisa dapat pekerjaan dengan mudah sebagai pengasuh di TK Yomogi. Sayaka juga baik banget orangnya. Selain gampang dapat kerjaan, Kobato juga gampang dapat tempat tinggal. Sebuah apartemen milik Chitose menjadi hunian Kobato selama setahun (dalam 4 musim itu).


Untuk menyaksikan versi anime dari Kobato mungkin agak sulit kalau harus mengandalkan stasiun TV Indonesia. Tapi bagi kalian yang termasuk penasaran untuk menyaksikannya, kalian bisa pergi ke cyber12.com dan mengunduh seluruh episode yang sudah disiarkan di Jepang sana dalam interval yang tidak terlalu lama. Jika koneksi internet kalian tidak mempunyai kecepatan yang mumpuni, kalian bisa memilih versi LQ [Low Quality] nya yang bisa 2-3 kali lebih kecil ukuran filenya. Walaupun sebutannya Low Quality, tapi gambar yang didapat masih bisa dibilang jernih dan tidak akan mengganggu kenyaman kita saat menyaksikannya.






6 . Magic Knight Rayearth
Magic Knight Rayearth ini awalnya berasal dari serial manga yang diciptakan oleh CLAMP. Setelah sukses dengan versi manganya, akhirnya serial Magic Knight Rayearth ini dibuat anime TV seriesnya dan ternyata Magic Knight Rayearth ini menjadi sebuah serial yang sangat disukai oleh semua para Otaku, di Jepang setelah serial ini menjadi sangat populer dengan banyak sekali mercandise-mercandise tentang Magic Knight Rayearth. Magic Knight Rayearth didesain sedemikian rupa dengan struktur yang indah, mulai dari kostum para tokoh, desain mecha yang cool dan juga elemen RPG seperti magic-magic, pedang serta humor dan juga romantikanya yang enak untuk ditonton. Magic Knight Rayearth merupakan salah satu maha karya CLAMP yang mejadi best seller.

Cerita dimulai pada tahun 1994 di Tokyo Jepang. Cerita ini berawal tiga gadis yang berasal dari tiga sekolah yang berbeda, sedang mengadakan tamasya di Tokyo Tower. Mereka bertiga itu adalah Hikaru yang berasal dari sekolah yang tidak begitu terkenal bertemu dengan Fuu yang berasal dari sekolah yang terkenal dengan murid-muridnya yang pandai-pandai dan Umi yang berasal dari sekolah yang elite. Tiba-tiba mereka dikejutkan dengan suatu kejadian yaitu mereka bertiga tiba-tiba tersedot ke dimensi lain dimana dimensi itu sama sekali mereka bertiga ini tidak pernah kesana. Setelah kebingungan tiba-tiba datang seorang yang mengenalkan dirinya sebagai Madoshi Clief (atau diterjemahkan guru Clief). Guru Clief ini bercerita bahwa Dunia yang sekarang ini mereka berpijak adalah Cefiro dan yang membawa mereka ke dunia ini adalah Puteri Emerald. Guru Clief juga meminta tolong kepada mereka untuk menolong Cefiro dari kehancuran. Mengapa Cefiro bisa hancur? Apa yang menyebabkan Cefiro bisa hancur? Cefiro itu mempunyai sebuah pusat energi yang selalu dijaga agar Cefiro tidak mengalami sebuah bencana, dan pusat energi itu adalah Puteri Emerald. Ternyata Puteri Emerald telah disekap oleh Zagato, tidak tahu kenapa sampai Zagato itu bisa-bisanya menculik Puteri Emerald. Karena Puteri Emerald adalah pilar dari Cefiro maka setelah Puteri Emerald diculik keseimbangan Cefiro menjadi tidak terkendali.

Maka dari itu Puteri Emerald memanggil Legenda Magic Knight untuk menyelamatkan Cefiro dari kehancuran. Pada awalnya mereka tidak mempunyai bekal untuk melawan musuh-musuhnya dan Guru Clief memberikan mereka Magic/sihir untuk melindungi mereka dari ancaman bahaya, tetapi Magic/sihir ini tidak dapat digunakan dengan sembarangan. Zagato pun mengetahui legenda Magic Knight yang akan menolong Cefiro ini telah datang, maka Zagato pun bersama dengan pengikutnya berusaha untuk menghalangi ketiga pendekar cewek itu dalam usaha menyelamatkan Cefiro dari kehancuran. Dan ketika Guru Clief dan para Magic Knight itu sedang berbincang-bincang tiba-tiba Alycone, utusan pertama dari Zagato untuk melenyapkan Para Magic Knight, tiba-tiba menyerang dan guru Clief akhirnya menghalangi Alcione dan menyuruh ketiganya itu pergi meninggalkan tempat itu dan menuju ke Presea (pembuat senjata) karena Para Magic Knight ini tidak hanya berbekalkan Magic saja tetapi mereka juga akan dibekali senjata-senjata yang nantinya akan banyak membantu mereka dalam membasmi musuh-musuhnya.

Akhirnya mereka pun pergi meninggalkan tempat itu menuju ke tempat Presea, sesampainya di tempat Presea, mereka bertiga bertemu dengan Mokona, seekor binatang kecil yang lucu. Kemudian mereka bertemu dengan Presea dan mereka pun disuruh untuk memilih senjata yang mereka suka, setelah mereka diantar ke tempat penyimpanan senjata, mereka pun memilih senjata yang mereka sukai, tetapi tiba-tiba terjadi suatu kejadian yang aneh bukan mereka yang memilih senjata melainkan mereka yang dipilih oleh senjatanya. Setelah mereka mendapatkan senjata selanjutnya mereka harus bersiap-siap untuk menghadapi para pengacau Cefiro, tidak hanya senjata dan magic saja tetapi pada cerita ini mereka pun mempunyai sebuah robot (semacam Guardian) yang nantinya digunakan mereka untuk melawan robot kepunyaan musuh.

Setelah kejadian di Cefiro, mereka bertiga akhirnya kembali ke dunianya mereka tetapi mereka bertiga bertemu di Tokyo Tower dimana mereka pertama dipanggil oleh Puteri Emerald untuk menyelamatkan Cefiro, di tempat itu juga mereka berharap untuk kembali ke Cefiro, karena mereka pun ingin mengetahui bagaimana keadaan Cefiro setelah kejadian saat mereka bertemu dengan Guru Clief. Dan tidak disangka-sangka harapan mereka terkabul dan akhirnya bisa kembali ke Cefiro, namun kejadian yang mereka alami malah berbeda dengan kejadian saat pertama kali muncul di Cefiro dengan bermunculannya orang-orang baru yang merupakan teman maupun musuh yang siap mewarnai petualangan Hikaru, Fuu & Umi dalam menyelamatkan Puteri Emerald dari tangan Zagato. Juga tidak kalah seru dengan kisah cinta ketiga Magic Knight, salah satunya kisah cinta segitiga antara Hikaru, Lantis & Eagle Vision. Untuk lebih jelasnya nonton aja animenya atau baca manganya.

Magic Knight Rayearth juga dikemas dalam bentuk OVA (Original Animation Video). Inti cerita pada versi OVA agak sama dengan versi TV seriesnya, hanya saja karakter pada versi OVA agak berbeda, seperti seragan sekolah yang dipakai oleh Hikaru, Fuu dan Umi dan juga desain mecha pada versi OVA-nya lebih mengarah ke bentuk Beast-nya. Bukan hanya itu saja, bahkan wajah dan postur tubuh para tokoh berbeda dengan TV seriesnya, kelihatan lebih dewasa dan tinggi. Ceritanya sama dengan TV series tetapi hanya saja ditempatkan pada dunia yang berbeda, Istana Cefiro telah dipindahkan dari Cefiro menuju ke Tokyo pada jaman Modern. Dan yang lebih menakutkan lagi adanya ancaman untuk menghancurkan Tokyo dan Bumi, dan hanya ada tiga pejuang wanita, yang mempunyai hati yang penuh dengan cinta dan kedamaian yang dapat menyelamatkan dunia.

Jika dibandingkan dengan TV seriesnya, Magic Knight Rayearth OVA ini memberikan sebuah cerita yang menghibur dan membuat para penontonnya tambah semakin tertarik. Seperti halnya pada saat pertengkaran antara Alycone dengan tiga gadis itu, dengan ketegarannya Hikaru yang ingin menolong teman-temannya maka Rayearth (si serigala api) datang menolong, dengan berbentuk sebuah mecha yang besar, ia melawan Alycone dengan segenap kekuatannya dan akhirnya Alycone dapat dikalahkan, pada TV series Hikaru mendapatkan Rayearth itu pada urutan terakhir sedangkan pada versi OVA-nya Hikaru mendapatkan urutan pertama kemudian diikuti Fuu dan kemudian Umi yang terakhir.





7 . CLAMP School/Campus Detective
Tentunya bagi kaum pecinta Clamp cerita ini sudah tidak asing lagi..yah, Clamp memang mangaka yang bertalenta tinggi itulah yang mungkin orang katakan ketika melihat karya-karyanya. Clamp Campus Detective merupakan karya Clamp yang kesekian kalinya. Dengan kemampuannya Clamp mampu menggambarkan suasana yang benar-benar hidup. Versi manganya (Komik) pertama kali terbit pada tanggal 3 Maret 1992, yang diproduksi oleh Kadokawa Publishing Co. Ltd dan Newtypem100% manga. Kemudian versi animenya keluar pada 25 Agustus 1997 dan diproduksi oleh Bandai Visual. Anime yang diangkat dari manga Clamp. Anime ini disutradarai oleh Osamu Nabeshima dan langsung Clamp menjadi Director art-nya. Berbeda dengan manganya yang hanya terdiri dari 3 seri, versi animenya terdiri dari 10 seri. Bagaimana petualangan mereka, ngintip bareng yuk.
Kebanyakan nama yang dipakai dalam anime ini merupakan parody, Campus Clamp Detective adalah tiga orang anak sekolah yang berkumpul dan membentuk sebuah agen detektif, yang spesialisasinya menangani masalah-masalah yang ada di sekitar sekolah. Berdasarkan pada seri manganya, setting anime ini mengambil sebuah sekolah yang sangat terkenal dan penuh dengan prestasi sehingga dicalonkan sebagai sekolah terbaik sedunia Wow!.Sekolah ini berada di luar kota Tokyo, dibangun oleh konglomerat kaya dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, mulai dari bank, rumah sakit dan ditambah dengan keasrian taman dan keindahan arsitektur. Sekolah ini mempunyai jenjang dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.
Pemimpin dari tim ini adalah seorang siswa tingkat Sembilan, Imonoyama Nokoru, yang merupakan pemimpin siswa tingkat dasar. Karena kecerdasannya, dia direkrut untuk menjadi pemimpin Clamp Campus Detective. Nokoru adalah seorang cowok yang melambangkan pria sejati dan menjadi contoh bagi dua teman yang dipimpinnya. Siswa tingkat lima Takamura Suo, pandai berakting, dia sangat serius dengan Campus Clamp Detective ini. Anggota terakhir adalah siswa tingkat empat Ijyuin Akira, seorang juru masak terkenal, dia juga merupakan pengajar masak bagi teman-temannya.
Pada episode pertama cerita ini dibuka dengan aksi Nokoru yang menolong nenek tua yang tertimpa reruntuhan bangunan. Kemudian mereka harus bekerja keras untuk menemukan disket data milik sekolah yang hilang. Kemudian pada episode selanjutnya Nokoru dihadapkan pada masalah yang sedikit sulit, yaitu masalah cewek dimana cewek tersebut sangat mengagumi Nokoru. Nokoru berusaha menolong cewek tersebut yang tidak bisa menerima keadaan Nokoru yang menjadi idolanya dikagumi oleh banyak orang. Dilanjutkan dengan kisah dimana Akira yang bekerja sebagai koki sekaligus sebagai konsultan siswa dalam hal masak-memasak. Dan, Akira dan Sou yang dikenalkan ke devisi taman kanak-kanak yang kemudian jadi pemeran utama dalam segala kegiatan yang ada di sekolah.
Anime ini lebih difokuskan pada pengembangan karakter, penolakan terhadap kekerasan, dan nuansa kelembutan. Dilihat dari setting yang diambil Clamp dalam anime ini, menunjukkan bahwa dunia pendidikan hendaknya patut diperhatikan. Kampus ini dibangun oleh konglomerat terkaya sedunia. Dengan pelayanan pribadi yang super komplit dan system pengamanan yang sangat canggih. Tidak hanya itu, juga dari segi estetika kampus ini dilengkapi dengan padang rumput hijau, sungai dan arsitektur yang indah. Jadi dengan kondisi yang seperti ini semuanya pasti betah untuk tinggal dan belajar di tempat ini.




8 . Chobits
Oke, sekarang aku review manga CLAMP lainnya berjudul chobits. Serial manga ini menarik karena bergenre agak ‘echi’ alias dewasa. Padahal sih, ‘dewasa’ nya nggak lebih dari pikiran cowo yang normal ‘ngeres’nya, atau pikiran-pikiran cowo pada umumnya tentang cewe. Tapi buatku yang menarik disini adalah CLAMP mengambil tema sciene-fiction dan gambaran tentang teknologi masa depan. Bagaimana CLAMP dengan kebiasaan cerita ‘aneh’nya itu menggabungkan romance, sci-fi, dan tentunya teknologi. Kalau biasanya CLAMP ambil hubungan shounen-ai atau shoujo-ai, atau genderless gitu, yang ini ambil tema hubungan antara manusia dan mesin (?) ya intinya, buat CLAMP sih, cinta tak mengenal batas. Memang tema yang diambil CLAMP ini menarik sekaligus aneh, but i can’t help to love it more.

Chobits mengisahkan tentang Hideki Motosuwa, seorang pemuda desa yang pergi ke kota untuk focus mempersiapkan dirinya selama setahun demi masuk ke perguruan tinggi. Bisa dibilang Hideki ini macam orang ‘kampung’ yang bener-bener polos, gaptek, tapi baik dan pekerja keras. Demi dapat bertahan hidup di kota, dia bekerja part-time pada malam hari di sebuah restoran. Sedangkan pada pagi hari, dia mengikuti kelas persiapan masuk perguruan tinggi. Hal yang membuatnya takjub ketika pertama kali datang ke kota adalah banyaknya orang yang memiliki ‘persocom’. Persocom adalah semacam humanoid-computer, yah kayak komputer tapi berbentuk mirip manusia. Jadi kayak robot juga, tapi fungsinya tetap fungsi komputer yang memiliki kemampuan macam smartphone gitu.. bisa nelpon, browsing, nonton video, nyimpen data, tapi diluar itu juga bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah atau kantor seperti layaknya manusia. Tapi harga persocom ini mahal banget sehingga impossible buat Hideki untuk membelinya.

Alkisah ketika dia pulang dari kerja, Hideki menemukan persocom tergeletak di dekat pembuangan sampah. Merasa tidak ada yang memiliki, akhirnya Hideki membawanya pulang dan mengklaim bahwa persocom itu menjadi miliknya. Persocom itu kemudian dinamakan Chi, karena ketika persocom itu dihidupkan, hal yang bisa dikatakan persocom itu cuman ‘chi’ lol. Konflik muncul ketika Chi jatuh cinta dengan Hideki, dimana hampir mustahil karena tidak seharusnya persocom memiliki perasaan cinta kepada manusia dan bagi manusia pun, tidak lazim mencintai persocom seolah-olah persocom adalah manusia. Satu persatu, misteri tentang asal-usul Chi terungkap, ternyata Chi adalah jenis seri Chobit, yaitu seri spesial yang sengaja dibuat penciptanya. Chobit berbeda dengan persocom, chobit lebih spesial karena mereka bisa tidak dapat dikendalikan oleh manusia dan memiliki keinginan dan perasaan seperti halnya manusia. Kenyataan ini nantinya mempengaruhi hubungan antara Hideki dan Chi. Selain itu, Chi ternyata memiliki kembaran pada memori sebelumnya dan kembarannya inilah yang selalu membayangi pikiran Chi.







9 . Nijuumensou ni Onegai
Setahun sebelum peristiwa Clamp Gakuen Tanteiden (Clamp Campus Detective), muncul manga yang merupakan satu dari hasil karya awal CLAMP yang bertema komedi misteri. Manga ini tidak dibuat dalam versi anime. Kisahnya tentang kehidupannya Ijyuin Akira, anak murid kelas 4 SD yang memiliki identitas rahasia, yaitu pencuri dengan 20 wajah (the Thief with 20 Faces/Kaijin 20 Mensou, 20 Topeng Misterius) Dalam waktu luangnya Akira suka pergi berkeliling untuk mencuri barang-barang aneh yang diminta ibunya.
Pada suatu malam, Akira bertemu seorang anak perempuan yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak bernama Ohkawa Utako. Utako baru saja ditolak oleh gurunya yang dia sukai (buset…anak TK tapi sudah puber hahahahah). Kemudian keduanya mulai berkeliling bersama-sama dan dengan cepat saling jatuh cinta (keduanya hampir benar-benar serupa, dan juga hampir sama-sama tidak mandiri).

Manga buatan CLAMP yang satu ini hanya terdiri dari 2 volume saja dimana pada volume 1 ini menceritakan tentang pertemuan pertama Akira dengan Utako. Diceritakan pula tentang peristiwa ulang tahun ke 6 Utako, dan juga memperkenalkan semua karakter utama. Disini diceritakan pula siapa sebenarnya si tokoh utama ini. Meskipun masih kecil ternyata ia memiliki otak yang encer dan tidak seperti kebanyakan anak lain seusianya, ia juga memiliki satu hobi yang sangat unik. Sementara di volume 2 lebih memfokuskan pada perkembangan hubungan antara Akira dan Utako, cerita terus bergulir hingga akhirnya mereka dewasa dan melakukan pernikahan.







10 . Miyuki-chan in Wonderland
Kalau dengar judulnya kita pasti menyangka anime ini merupakan bentuk tiruan Alice In Wonderland, tapi ternyata cerita yang digarap CLAMP ini mempunyai keunikan tersendiri. Anime ini diproduksi oleh Bandai Visual yang pertama kali terbit pada tanggal 25 Agustus 1998. Seperti Anime lainnya, CLAMP berperan langsung pada proses pembuatannya. Oleh karena itulah pada anime ini Nampak cirri CLAMP dalam karya-karyanya. Anime ini memang sekilas tampak sebagai hiburan belaka namun dibalik itu ada beberapa nilai yang mendasar dan tersirat dalam anime ini. Dengan Genre Adventure Comedy, CLAMP berusaha untuk menyampaikan pesan tersebut. Anime ini lebih tepatnya merupakan kumpulan beberapa tokoh dalam legenda terkenal dunia yang diceritakan sendiri oleh CLAMP. Cerita dalam anime ini tidak heboh sekali melainkan biasa saja, hanya saja alur yang dimainkan CLAMP agak sedikit menarik.

Pada bagian pertama dari serial OVA-nya, kisah petualangan Miyuki Chan ini diawali dengan aktivitas Miyuki sehari-hari. Suatu hari ia kehujanan dan sebuah pintu yang diduga pergi ke dunia lain terbuka dengan sendirinya. Hal ini membuat Miyuki-chan penasaran dan mencoba untuk memasukinya. Setelah ia masuk ke dalam lubang itu, Miyuki disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa, pemandangan yang belum pernah dilihatnya. “kore wa wondaareendo desuka, yumei noyou” (inilah Wonderland seperti dalam dongeng) hati kecilnya berkata. Secara tidak sengaja bertemu dengan Mat Hatter, Cheshire Cat dan S&M yang merupakan jelmaan dari Queen Heart yang kesemuanya berusaha untuk merayu Miyuki agar mengikuti mereka tapi gayanya kurang meyakinkan jadi Miyuki pun lari ketakutan.

Setelah itu ia pergi ke suatu tempat, namanya adalah Mirrorland, tempat yang ia datangi secara tidak sengaja karena kekuatannya untuk melarikan diri dari sekumpulan orang yang mengganggunya tadi. Di tempat tersebut tampaklah sekumpulan wanita yang sedang melakukan aktivitasnya. Memang ini bukan dunia nyata sehingga aktivitas yang mereka lakukan sangatlah aneh. Ada wanita cantik yang memainkan harpa, bidadari kecil yang bermain-main, Humpty Dumpty, dan mahluk lain yang muncul pada cerita legenda terkenal dunia. Di tempat tersebut Miyuki juga menyaksikan sebuah permainan catur yang langsung dimainkan oleh manusia, sebagai orang yang ada di situ semuanya harus mengikuti pertandingan tersebut. Tapi Miyuki kan tidak tahu bagaimana bermain catur tersebut serunya, serta merta semua yang mendengar perkataan Miyuki tertawa, ternyata permainan tersebut siapapun bisa melakukannya ketika sudah masuk dalam arena pertandingan, hanya kewaspadaan yang diperlukan. Karena pemainnya semua wanita, permainan ini mempunyai sanksi yang agak aneh, yaitu setiap pemain yang kalah harus ditampar, ditelanjangi dan dibuang keluar arena. Kemudian Miyuki terus mengalami petualangan yang menegangkan aneh, lucu dan mengenal orang-orang baru yang ada disekitarnya.







11 . Souryuuden
Berawal dari sebuah novel karangan Yoshiki Tanaka pada tahun 1986 dan kemudian pada tahun 1993, novel tersebut ditulis ulang lagi oleh CLAMP. Mereka menerbitkan ulang novel ini disertai dengan gambar khas mereka yang oke punya.

Apa jadinya kalau kamu adalah seorang anggota keluarga yang merupakan wujud reinkarnasi dari Raja Naga China? Hal itulah yang dialami oleh Amaru dan 3 orang kakaknya. Mereka adalah keluarga Ryudo, dimana mereka merupakan generasi ke 117, sekaligus tubuh baru bagi keempat naga mata angin (Naga biru dari timur, Naga merah dari selatan, Naga putih dari barat, serta Naga hitam dari utara). Mereka sama sekali tidak menyadari ‘berkah’ (atau musibah?) yang mereka dapatkan, meskipun mereka tahu, bahkan sering menggunakan kekuatan khusus yang ada dalam diri mereka. Masalah baru timbul ketika pada suatu malam, Amaru, anak paling bungsu diculik. Tampaknya selama ini kehidupan mereka telah dimata-matai oleh segerombolan penjahat yang sepertinya ingin membawa anggota keluarga Ryudo yang tertua (Hajime) ke hadapan bos mereka.

Sedikit flash back, cerita ini bermula dari 3000 tahun yang lalu dimana Hakkei, pemimpin dari keluarga Dragons menolak sebuah perjanjian, tetapi Seibou, ibu dari para Dewa, datang memberitahunya bahwa Raja The Dragons harus ikut campur tangan karena hal ini berkaitan dengan masalah kepentingan masa depan. Jadi Hekkei menerimanya. Setelah pertempuran berakhir, The Dragons menang melawan The Bulls, tetapi Rajanya menghilang. Dan keluarga Go disalahkan karenanya. Seluruh suku dibuang dari Tenkai menuju ke dunia manusia dimana mereka sekarang hidup. Ramalannya mengatakan bahwa generasi ke 117 dari keluarganya akan melahirkan Raja Dragons.

Cerita Sohryuden diisi dengan berbagai cobaan yang dialami oleh keluarga Ryudo, yang merupakan hasil karya dari musuh-musuh mereka. Disamping itu, Sohryuden juga memiliki sisi action. Dalam cerita ini kita dapat mengetahui bagaimana usaha mereka dalam menemukan jati diri serta memunculkan sosok mereka yang sebenarnya. Pada akhirnya, mereka harus berhadapan dengan musuh besar mereka di dalam Heavenly Sphere, dan akhirnya Hajime member pelajaran pada kedua kubu, baik dari kubu Jepang maupun dari kubu Amerika.







12 . RG Veda
RG VEDA pertama kali terbit tahun 1990, diterbitkan oleh Shinshoukan dengan jumlah 15 seri dan 2 OVA. Versi OVAnya sudah pernah ditayangkan oleh stasiun TV INDOSIAR pada tahun 1996. RG VEDA merupakan cerita indi dan asal bahasanya berasal dari bahasa sangsekerta yang berarti nyanyian/pujian Rig Veda.

Dalam versi manga bercerita tentang 300 tahun yang lalu, ada seorang pemberontak yang menentang rezim ten-tai. Rezim tersebut dipimpin oleh Taishaku-Ten yang juga merupakan dewa petir. Beberapa saat kemudian terjadilah sebuah perang yang disebut Holy War. Perang suci ini merupakan perang terburuk sepanjang sejarah langit. Perang ini dikomandangi oleh Ashura yang melawan pasukan Taishaku-Ten. Ashura-Ou, adalah pemimpin dar klan Ashura, selain sakti
, Ashura-Ou dulu dalam kekaisaran langit menduduki jabatan sebagai prajurit pelindung dewa dan kaisar. Perang pun berkobar banyak korban yang melayang. Namun, sayang perjuangan ini harus gagal karena pemimpin mereka Ashura-Ou tewas dalam pertempuran dalam melawan Taishaku-Ten. Setelah Ashura-Ou meninggal, Sashi, yang merupakan isteri Asura mengkhianatinya. Dan kemudian menikah dengan Taishaku-Ten. Dalam pernikahannya tersebut, Sashi telah mengandung anak Ashura-Ou. Saat anak tersebut lahir ia mengalami banyak sekali penderitaan dengan menjalani kehidupan bersama saudara yang berbeda ayah. Nama anak itu adalah Ten-Ou. Karena ia beranggapan bagaimanapun juga ia adalah anak dari Ashura-Ou dan klan Ashura. Suatu saat jika ia tahu identitasnya maka akan berontak. Tapi niatnya tersebut diurungkan akan tetapi mengirimnya ke Kekkai untuk 300 tahun.

RG VEDA diproduksi dalam bentuk OVA. Tepatnya ada 2 OVA. Pada cerita OVA ini kisah diambil berdasarkan manga seri keempat. OVA pertama yang bertajuk “Ice Castle Fire Hell”, yang menceritakan kebangkitan “Pangeran Setan” Aizen yang telah meninggal 300 tahun lalu. Kebangkitan Aizen tersebut adalah untuk kembali merebut kekuasaan langit dan menguasai dunia. Pada OVA kedua “Twin Castle Fire Thunder”, saat itu Yasha-Ou menyerang Ashura, ditambah lagi dengan Karura-Ou dan Kujaku, mereka semua berada dibawah control Aizen dan menyerang Ashura. Pada edisi yang kedua ini Ashura bertemu dengan Ten-Ou, saudaranya yang dibuang oleh ibunya ke Kekkai selama 300 tahun.

 




13 . Tokyo Babylon
Tokyo Babylon adalah karya Clamp pertama yang bisa menembus pasaran Amerika. Sebuah cerita yang bersetting di kota Tokyo tahun 90-an. Subaru Sumeragi, anggota termuda sekaligus pemimpin ke-13 dari klan Sumeragi. Memiliki kekuatan Onmyouji yang tangguh. Klam Sumeragi sendiri adalah klam yang sudah melindungi Jepang lebih dari 2000 tahun dengan kekuatan mereka. Subaru sendiri memiliki seorang saudara kembar perempuan yang bernama Hakuto Sumeragi. Bersama sahabat mereka, seorang dokter hewan bernama Sakurazuka Sheishirou, mereka menjalani hidup sebagai onmyouji (Pembasmi setan) tanpa mengetahui bahwa sahabat mereka itu adalah seorang Sakurazukamouri, yang merupakan musuh besar klam Sumeragi selama ini. Tokyo Babylon dibuat dalam anime versi OVA sebanyak 2 seri dan sudah pernah ditayangkan di stasiun TV Indonesia yaitu INDOSIAR pada tahun 1995.

Pada OVA pertama ceritanya diawali dengan adegan Subaru yang sedang menggunakan Onmyoujitsu untuk menenangkan arwah seorang cowok yang meninggal karena kecelakaan. Setelah kejadian tersebut Subaru mendapat permohonan dari Mimura, seorang presiden sebuah perusahaan yang bernama MCC Coorporation. Untuk dating kekantornya untuk menyelidiki sesuatu hal yang aneh. Pada OVA edisi kedua, cerita dibuka ketika Subaru sedang naik kereta sendirian dan menyaksikan pembunihan secara langsung dengan mata kepalanya. Ia terlambat mengirimkan shikigami untuk menyelamatkan korban. Karena Subaru tidak melihat wajah pelaku, Inspektur polisi Kawano meminta bantuan paranormal yang memiliki kekuatan khusus post-cognition (melihat kejadian yang telah terjadi), Mirei Hidaka. Gadis ini mampu melihat masa lau yang menyedihkan hanya dengan menyentuhkan benda-benda.









14 . X
X adalah anime karya Clamp yang sangat fenomenal dan merupakan kelanjutan kisah dari Tokyo Babylon (tetapi dengan kisah yang berbeda). Cara penyajiannya, warna karakternya dan tentu saja artworknya yang sempurna. Bisa dibilang kalau semua otaku di dunia pasti mengenal anime ini. Disadari atau tidak, anime ini ternyata memiliki susunan cerita yang sangat kompleks dan hanya beberapa persen otaku saja yang bisa benar-benar mencerna isi ceritanya. X adalah supernatural thriller yang mengambil setting di Jepang masa depan. Anime ini secara gambling menggambarkan pertarungan antar kebaikan dan kejahatan (Ten no Ryu vs Chii no Ryu). Bagi yang belum pernah nonton animenya, aku sarankan kalian nonton dulu versi The Movie-nya. Menonton TV seriesnya tanpa melihat OVA-nya juga rasanya garing deh. Aku akan sedikit cerita tentang asal mula X dari movienya.

The Destiny has come… kira-kira sepenggal kalimat inilah inti cerita dari X the Movie. Hampir setiap scene dari anime movie ini pasti terasa adanya ikatan antara takdir dan tragedy yang sudah digariskan pada masing-masing karakter yang terlibat didalamnya. Ceritanya sendiri berkisar tentang pertarungan yang nantinya akan menentukan takdir bumi pada akhir millennium. Dimana bumi memiliki enam pelindung (Dragon Of Heaven) dan enam penghancur (Dragon Of Earth). Kedua kubu masing-masing tengah menunggu anggota ketujuh mereka yang bisa menyelamatkan atau bahkan menghancurkan bumi. Karena orang ketujuh itu adalah Kamui.

Cerita dimulai dengan scene dimana Kamui diminta untuk segera kembali ke Tokyo oleh ibunya. Sebelum pergi, Kamui diberi sebilah pedang takdir oleh sang ibu. Dan pertarungan takdir akan segera dimulai, seiring dengan kedatangan kembali Kamui ke Tokyo. Bahkan, kedua kubu Dragon Of Heaven dan Dragon Of Earth) sudah bersiap-siap menyambut kedatangan sang penentu itu. Tentu saja, mereka juga sudah siap untuk menarik Kamui ke kubu mereka. Kamui telah terpisah dari dua sahabat terbaiknya selama enam tahun, dan tujuannya kembali ke Tokyo adalah untuk melindungi mereka dari kiamat yang bakal dating. Selain Kamui adalagi tokoh bernama Fuuma. Fuuma adalah kakak Kotori dan sahabat Kamui. Ia telah berjanji untuk melindungi Kamui jika ia juga melindungi Kotori.

Dan berikutnya adalah Kotori. Gadis cantik yang merupakan symbol kesucian dan bumi itu sendiri. Hinoto adalah pemimpin dari Dragon Of Heaven. Ia membimbing mereka dalam misi untuk melindungi Bumi. Sedangkan The Dragon Of Earth dipimpin oleh Kanoe, adik kandung Honoto. Hinoto dan Kanoe memiliki ikatan batin yang sangat kuat, sampai-sampai keduanya mendapat Vision yang sama tentang the final bettle antara Dragon Of Heaven dan Dragon Of Earth. Kanoe percaya kalau ramalannya atas vision ini lebih tepat dari kakaknya, Hinoto. Keyakinan inilah yang pada akhirnya membangkitkan evil Fuuma yang kemudian akan berhadapan dengan Kamui di pertarungan akhir. Seiring dengan berjalannya cerita, kalian akan merasakan ketidakberdayaan dari setiap karakter yang in the end bakal dihadapkan pada pilihan hidup yang sangat jelas. Pilihan untuk mati dan selangkah lebih dekat dengan kiamat yang sebelumnya sudah diramalkan.







15 . Wish
Wish bercerita tentang seorang bidadari/bidadara (?) ehm, malaikat bernama Kohaku yang turun ke bumi mencari sahabat yang sudah seperti kakaknya sediri, yaitu malaikat angin, Hisui. Hisui menghilang dari kayangan setelah pertemuan rutin para malaikat dan iblis. Di bumi, kohaku bertemu dengan seorang dokter tampan yang super duper cool bernama Suichiro Kudo yang menolong Kohaku ketika dirinya pingsan. Untuk membalas kebaikan si dokter, Kohaku tinggal di rumah Suichiro dan mengerjakan pekerjaan rumah yang bisa dilakukannya, terutama dalam hal menyiram dan menjaga kebun Suichiro supaya tetap asri. Kohaku hanya bisa menjelma menjadi manusia pada umumnya ketika siang hari, namun pada malam hari dirinya berubah menjadi kecil mungil dengan sayap yang bisa terbang. Selama tinggal di tempat Suichiro, Kohaku tetap terus mencari informasi demi menemukan kembali Hisui yang hilang. Di bumi, Kohaku sering diganggu oleh iblis jahil bernama Koryu. Hobi si Koryu ini memang mengganggu dan menggoda Kohaku terus menerus, namun sebenarnya si Koryu ini sayang banget sama Kohaku.

Konflik terjadi ketika Kohaku jatuh cinta pada Suichiro. Maka ketika dirinya dipanggil oleh Tuhan dan kembali ke kayangan, Kohaku merasa tidak bahagia tinggal disana dan memutuskan untuk kabur kembali ke bumi dan tinggal bersama Suichiro yang ternyata juga sangat mencintai Kohaku. Akibatnya, Kohaku dihukum tidak dapat kembali berubah wujud seperti manusia dan terus berwujud kecil, tidak perduli siang atau malam selama 100 tahun. Sedihnya, meskipun Suichiro menerima keadaan Kohaku dalam bentuk apapun asalkan tetap bisa terus bersama Kohaku, tidak lama setelah mereka bersama, Suichiro meninggal. Akhirnya dengan bantuan Hisui dan kekasihnya, pangeran iblis Kokuyo, Kohuko tertidur di dalam pohon selama 100 tahun dan ketika nanti dia terbangun, dia akan bertemu lagi dengan reinkarnasi dari Suichiro.
Genre wish ini sebenarnya lebih ke romance. Yang aneh adalah masalah gender si malaikat karena disini malaikat dikisahkan tidak memiliki gender, bukan laki-laki tapi bukan perempuan juga. Namun, Kohaku dan Hisui memiliki aura lebih ke feminim.

Hisui dan Kokuyo ini bagai romeo dan juliet tapi berakhir bahagia. Mengapa romeo dan juliet? soalnya yang satu malaikat dan yang satu iblis. Berasal dari kubu yang saling bertentangan, tapi jatuh cinta. Yah, gimana donk namanya juga cinta lol. Si Kokuyo ini digambarkan sosok pangeran iblis yang tampan, dingin tapi keren, yang hobinya sebelum bertemu Hisui adalah ‘tidur’ dimana-mana dengan siapa saja lol. Tapi sejak ketemu Hisui, dirinya bertekuk lutut tidak berdaya dan digambarkan sangat-sangat mencintai dan possesif dan protektif terhadap Hisui. Sedangkan Hisui digambarkan malaikat yang cantik, anggun dan elegan. Pada saat pertemuan iblis dan malaikat, Hisui menemui Kokuyo di dekat danau dan bercinta. Setelahnya, mereka menyadari bahwa apa yang telah mereka lakukan dan hubungan mereka mungkin tidak akan bisa diterima baik oleh kayangan maupun underworld, tempat tinggal para iblis. Karenanya Kokuyo mengajak Hisui kabur ke bumi karena menurutnya, hanya di bumi lah tempat dimana mereka bisa diterima dan tinggal. Meskipun kokuyo ini pangeran iblis tapi dia ini baik dan bersama dengan Hisui mereka menjadi partner sekaligus teman yang membantu Kohaku dan Suichiro.







16 . Clover
Review kali ini adalah tentang Clover. Clover dibuat dari tahun 1997-1999 dan kalau tidak salah diteruskan prequelnya antara tahun 2005-an. Yang membuat tertarik baca waktu itu adalah melihat sinopsisnya. Clover mengambil setting jaman dystopia. Bayangin aja, pada tahun itu orang belum banyak ambil settingan dystopia, tapi CLAMP sudah membuat cerita macam itu pada tahun 90-an. Aku hanya ingat, orang mulai marak bikin cerita dystopia ketika Hunger Games booming lol. Dystopia adalah era atau jaman pasca-desdruktif dunia. Ini menarik karena, aku tidak yakin, apakah konsep semacam ini banyak dipakai dan booming di dunia manga saat ini. (mungkin sih iya, tapi akunya aja belum banyak baca)

Clover mengisahkan tentang gadis bernama Sue yang memiliki kekuatan superpower dan diprediksikan membahayakan dunia di masa yang akan datang. Clover, adalah sebutan untuk anak yang terlahir memiliki kelebihan seperti super power itu. Di manga, diceritakan ada 4 Clover. Pertama adalah dijuluki One-leaf Clover, kekuatannya tidak terlalu mengancam masa depan. One-leaf clover hanya mampu memprediksi kapan dia akan mati. Clover kedua dijuluki two-leaf Clover, kekuatannya lebih ke fisik sih, jago seni bela diri gitu. Clover ketiga adalah three-leaf clover, kekuatannya melihat masa depan. Clover keempat, yaitu four-leaf clover, disebut-sebut sebagai yang terkuat dan yang paling mengancam dunia di masa depan. Sue, adalah four-leaf clover. Untuk itu sejak kecil dirinya dikurung di suatu tempat oleh 5 wizard dan tidak pernah keluar. Ketika Sue memutuskan untuk keluar dari ‘penjara’nya, para Wizard memberikan tugas kepada mantan prajurit (yang ganteng), Kazuhiko untuk menjaga (macam bodyguard) Sue selama dirinya berada di luar ‘penjara’nya.

Singkat cerita, selama Kazuhiko bersaam Sue, Kazuhiko lama-lama jatuh cinta pada Sue. Usut punya usut, ternyata sebelumnya, Sue dan Ohra adalah sahabat dekat melalui telepon. Sue dan Ohra tidak pernah bertemu, bahkan sampai Ohra meninggal. Koneksi antara Ohra, Kazuhiko dan Sue yang membuat mereka saling menyukai. Ini sebenarnya agak rumit ya, aku aja jadi bingung mau ngesipnosisin.

Clover ini nggak happy ending dan setelah 2 volume awal, alurnya jadi regresif. Cerita-cerita berikutnya, lebih kepada tentang masa lalu masing-masing clover, sayangnya CLAMP tidak menyelesaikan clover sehingga kita hanya dapat membaca masa lalu Ohra dan Ran. (padahal pingin baca bagian Gingetsu). Di Clover, Sue akhirnya menghancurkan diri setelah dia menyadari dia telah menemukan kebahagiannya, yaitu bertemu Kazuhiko dan mewujudkan impian Ohra. Tapi sebenarnya ini juga jadi perdebatan, tentang apakah benar Sue mati atau tidak lol.

Yang bikin sedih tentu saja mas ganteng kazuhiko, dia tuh ibarat cowo kasian banget, udah kehilangan pacarnya, si Ohra, eh dia harus kehilangan Sue. (aduh mas, lagian sih jatuh cinta kok sama Clover). Tapi favoritku sih, hubungan Gingetsu dan Ran. Ini kayaknya mau dibuat Shounen-ai tapi belum sempet canon, udah stop duluan ceritanya. Ada fakta bahwa three-leaf clover tidak akan hidup lama apabila berada di luar penjara clover. Disitu disebutkan, umur Ran hanya bertahan 5 tahun. Aku nggak bisa bayangin, gimana perasaan Gingetsu jika nanti Ran udah mati. Yah, 5 tahun doank donk bersama lol.







17 . Gate 7
Kali ini sampai pada review salah satu manga CLAMP yang terbaru, Gate 7. Waktu pertama baca ini, suka banget sama art-nya dan kesannya ini digambar dengan sangat serius. Karena aku harus menyatakan, gambar-gambar di Gate 7 ini hampir mirip dengan gaya gambar CLAMP favoritku, yaitu masa-masa Cardcaptor, Clover atau X. Gate 7 pertama rilis pada tahun 2010 dan kemudian mulai diserialisasikan di majalah Jump SQ setiap bulannya sejak maret 2011. Yang menarik secara pribadi buatku adalah Gate 7 mengambil settingan modern dengan kasus historis. Wak, maksudnya gimana? Jadi, setting nya kan di Kyoto, di masa modern, tapi ceritanya tuh agak rumit buat orang yang bukan jepang asli karena konsep ceritanya tu ngambil cerita historis di Kyoto. Jadi, tokoh-tokoh historis di Kyoto pada masa Edo, diadaptasikan ke dalam nama dan karakter, tempat juga.

Pada manga ini, beberapa tokoh historis dikisahkan mengalami reinkarnasi dan reinkarnasi inilah yang menjadi cerita di Gate 7, tapi kisahnya sih nggak akan jauh-jauh dari kisah historisnya juga. Intinya, perlu pengetahuan historis yang kuat ttg Kyoto kalau mau bener-bener bisa mengikuti cerita ini. Aku aja awalnya bingung, untungnya sih di manga online yang aku baca, si translator memberikan note-note penting yang diambil dari sejarah. Lumayan membantu sih, tapi tetep aja bingung. Mending fokus aja sama cerita Gate 7 nya, biar kata juga penasaran abis sama sejarah yang sebenarnya wkk.

Berawal dari seorang pemuda bernama Chikahito Takamoto, yang pindah ke Kyoto untuk meneruskan masa belajar SMA-nya. Dirinya bertekad untuk masuk ke universitas Kyoto. Namun di Kyoto, dirinya bertemu dengan 3 orang yang ‘tidak biasa’ bernama Hana, seorang gadis imut yang suka makan ramen, Sakura, pemuda tampan yang ramah, dan Tachibana, pemuda cuek nan galak dan dingin banget beud. Singkat cerita, Chikahito stuck dengan 3 orang ini dan akhirnya tinggal dengan mereka selama di Kyoto. Sejak itu, Chikahito menghadapi pengalaman-pengalaman aneh, tidak biasa sekaligus menegangkan. Ternyata, Hana, Sakura dan Tachibana berasal dari salah satu klan kuat, Urashiciken. Sakura dan Tachibana disini bertindak sebagai ‘bodyguard’ Hana. Tujuan mereka sendiri sebenarnya belum jelas. Intinya, Chikahito jadi bertemu dengan berbagai macam klan yang kekuatannya sama-sama hebatnya dengan Sakura, Tachibana maupun Hana. meerka-mereka ini memiliki oni, semacam spirit kekuatan gitu sih untuk bertempur lol. Dan ternyata klan-klan ini ada yang bersekutu, berkelompok, dan tujuannya adalah untuk ‘berperang’ kembali.









18 . Legal Drug / Drug and Drop
legal drug adalah serial yang secara gamblang bergenre shounen-ai. Meskipun belum fix jelas kalau ini canon tapi CLAMP sendiri bilang ini genre shounen-ai. Aku memutuskan membaca ini karena unsur shounen-ai nya tentu saja (ampun mama!), meskipun tahu bahwa serial ini meski dimulai tahun 2000an tapi sampai sekarang belum rampung juga. Sempat berhenti di tahun 2003, pada tahun 2011 serial ini dilanjutkan kembali manga nya dengan judul baru, Drug and Drop yang pada akhirnya juga.. lagi-lagi tahun 2013 kemarin, serialnya dihentikan alias hiatus dulu. Diteruskan kapan-kapan kalau mbak-mbak CLAMP nya inget. Hahahaha!

Legal Drug or Drug and Drop ini berkisah tentang pemuda bernama Kazahaya yang kabur dari rumah dan ditemukan oleh Rikou, yang kemudian membawanya ke Gohou Drug, tempat dimana Rikou tinggal dan bekerja. Gohou Drug dimiliki oleh seorang apoteker yang cukup misterius, bernama Kei. Untuk membalas jasa karena sudah diijinkan tinggal, Kazahaya bekerja di Gohou Drug bersama Rikou. Namun biar kata si Kei ini baik. Tapi kadang dia sadis juga.. dia selalu saja bisa menempatkan Kazahaya dalam posisi-posisi terhutang sehingga untuk membayar hutang-hutangnya pada Kei, Kazahaya juga harus mau melakukan pekerjaan-pekerjaan aneh dan misterius dari Kei. Tentu saja kazahaya nggak sendirian, karena Kei selalu meminta Rikou untuk menemani Kazahaya dalam aksi-aksi pekerjaan yang aneh dan misterius ini. Hubungan Kazahaya dan Rikou sendiri kayak tom and jerry. Jadi walaupun sering berantem, mereka tak terpisahkan. Wahahaha. Kei sendiri memiliki pacar, namanya saiga. Kalau baca, pembaca akan ngakak liat saiga. Habis saiga ini biarpun terkesan cool, selalu pakai kacamata hitam dan keren, kerjanya yang sering mampir ke Gohou Drug kalau nggak cuman numpang tidur, ngerokok, ya pacaran sama Kei. Saiga ini lucu dan suka ngegodain Kazahaya. Tapi kalau sama Rikou, dia bisa serius dan nggak beyayakan.

Di serial ini banyak kasus-kasus spiritual juga, karena pekerjaan-pekerjaan aneh dan misterius yang diberikan Kei nggak jauh-jauh dari mistis dan spiritual. Ke belakangnya, diketahui bahwa ternyata Kei dan Saiga adalah Hisui dan Kokuyo dari serial Wish. Jadi kalau aku nggak salah hitung, selama Kohaku tertidur di pohon menunggu 100 tahun, Hisui dan Kokuyo merubah nama mereka menjadi Kei dan Saiga, dan bersama-sama mendirikan Gohou Drug. Untuk kepentingan apa mereka mendirikan toko itu, belum ter-reveal secara jelas karena, yah.. ceritanya udah di stop dulu, belum tahu kapan diteruskan. Yang jelas sih mereka ada kepentingan membantu kazahaya dan Rikou, yang nantinya juga kepentingan membantu tersebut ada hubungannya dengan Kohaku.

Legal Drug baru terdiri dari 3 volume, dan sampai sekarang juga belum dibuatkan anime. Aku membayangkan kalau ini selesai pasti potensi untuk di terbitan di Indonesia, tetap ada dan animenya akan segera dibuat. Cuman kalau inget ini shounen-ai genre, kayaknya aga susah juga ya.. hhmm, but a man can hope, right? Anyway, anime karakter legal drug sebenarnya bisa dilihat di music video ‘Clamp In Wonderland’ sebuah video pendek resmi yang menampilkan 100 karakter-karakter Clamp dari tahun 1989 sampai 2006.







19 . The Legend of Chun Hyang
Legend of ChunHyang terinspirasi dari cerita rakyat korea yang terkenal itu, Chunhyangjeon. Ya, kalau tahu drama korea ‘my sassy girl’ alias chunhyang pasti tahu lah ya. Tapi ini cerita asli folklore yang diambil. Bersetting di korea, Legend of Chun Hyang versi manga CLAMP ini mengisahkan tentang gadis cantik yang enerjik bernama ChunHyang, yang selalu menentang kekejaman gubernur dan anaknya. Gubernurnya disebut Yangban, dan dia ini sangat tiran. Didukung anaknya yang juga suka seenaknya semena-mena, keduanya suka menindas rakyat kecil. ChunHyang, anak perempuan dari seorang kisaeng (wanita terhormat yang ahli dalam ilmu obat-obatan) paling getol melawan mereka. Meski begitu, Yangban nggak berani macam2, cuman ngancam2 aja. Ini dikarenakan si Yangban itu ternyata cinta banget sama ibunya ChunHyang.

Suatu hari muncul seorang pengembara (halah bahasanya) yang tiba-tiba SKSD sama Chunhyang dan ibunya. Pengembara itu tak lain adalah seorang pemuda tampan, bernama Mong Ryong. Dengan blak-blakan ketertarikannya pada ChunHyang, dia tinggal di rumah ChunHyang sampai beberapa hari. ChunHyang seringnya sih yang ‘benci-benci’ gimana gitu sama Mong Ryong, hahaha. Konflik berlanjut ketika ibu Chunhyang diculik oleh Yangban. Bersama MongRyong, ChunHyang melakukan aksi penyelamatan ibunya. Ternyata, Mong Ryong ini adalah amhaeng’eosa, atau agen rahasia negara yang tugasnya menghukum pemimpin-pemimpin daerah yang telah menggunakan kekuasaannya demi kepentingannya sendiri. Inti akhirnya sih, Mong Ryong dan Chun Hyang berkelana bersama, jadi partner dalam aksinya pergi ke tempat-tempat di berbagai daerah, mengawasi dan memantau jika ada pemimpin desa atau gubernur yang semena-mena pada rakyatnya.

Legend of ChunHyang terbit pertama kali pada tahun 1992 lewat majalah Serie Mystery – Special dan berakhir di tahun 1994. Chapternya nggak seberapa banyak, sehingga cukup dibuat satu volume saja di tahun 1996. Tidak ada anime, yang ada cuman audio drama.







20 . Shiritsu Horitsuba Gakuen
Iseng baca ini tadi pagi, dan nggak tahu kenapa bisa sampe baca ini lol. Jadi ini ide gendengnya mbak mbak CLAMP, membuat fanfic diatas fanfic lol. Enggak maksudnya dia memasukkan karakter2 di Tsubasa dan xxxholics. 2 Syaoran, Sakura dari Tsubasa dan watanuki, himawari, dan doumeki dari xxxholics ceritanya jadi murid di Horitsuba. Sementara Fye, Yui, Kurogane dan Yuko jadi guru lol Fye jadi guru seni, kurogane jadi guru olahraga, yui jadi guru ekonomi rumah tangga, sementara yuko jadi kepala sekolah. Ini tu bodoh banget pokoknya.

Jadi ceritanya Syaoran ini kembar dan untuk membedakan, 2 anak kembar ini dinamai Syaoran dan Shaoron. (lol moron). Syaoran murid pindahan sedangkan Shaoron kakaknya, sudah lebih dulu sekolah di Horitsuba. Shaoron disini jauh lebih mature dan suka ngegodain Syaoran yang naksir sama Sakura. Shaoron sendiri sudah punya pacar diluar (yeah another sakura I guess) Karakter doumeki, watanuki dan himawari nggak jauh-jauh dari karakter di xxxholics. Watanuki yang naksir berat sama himawari dan benci banget sama doumeki lol.

Manga Shiritsu Horitsuba Gakuen dipublikasikan pada tahun 2007 di berbagai majalah dan hanya terdiri dari 4 chapter saja. Seterusnya, lebih fokus ke one-shot chapter manga dengan karakter baru, dimana karakter2 clamp lain tetap jadi cameo.

Ini sebenarnya ceritanya ringan dan silly banget. Baca aja kalo boring. Nggak sampe 5 menit juga abis. Tiap chapter cuman nggak ada 10 halaman lol. Selain mereka yg dari tsubasa dan xxholics, karakter dari cardcaptor sakura, chobits dan drug & drop juga nongol sekelebat. Buat fans clamp yg suka banget sama tsubasa atau xxxholics mungkin bakal seneng banget baca ini. Tapi sumpah ini tu kayak baca mangafic lol. Kayaknya mbak-mbak clamp pas lagi ‘selo’ aja ngegambar ini hahaha.





Dan ada jg beberapa karya2 CLAMP lagi, namun, karna keterbatasan waktu dan sumber, jadi saya akan berikan judulnya saja.

Inilah judul2 dari karya CLAMP lainnya :


CLAMP no Kiseki
(CLAMPノキセキCLAMP no Kiseki)

Duklyon: CLAMP School Defenders
(学園特警デュカリオンGakuen Tokkei Dyukarion)

Watashi no Suki na Hito
(わたしのすきなひと Watashi no Suki na Hito)

Shirahime-Syo
(白姫抄 Shirahimeshō)

Suki Dakara Suki
(すき。だからすき Suki: Dakara Suki)






Sebenarnya masih ada lagi karya2 CLAMP yg merupakan kolaborasi dgn studio lainnya. Dan saya pun agak terkejut ketika mendengar judul animenya karna seolah2 gak percaya itu bagian dari karya2 mereka juga.

Inilah karya2 CLAMP lainnya :





1 . Code Geass ; Lelouch of The Rebellion
Akhirnya setelah cukup lama, selesai juga menyelesaikan seri Code Geass. Code Geass sebenarnya secara keseluruhan bukan milik CLAMP semata. CLAMP disini terlibat hanya sebagai character design artist saja. Jadi ceritanya, Sunrise Stud. punya rencana untuk bikin anime seri original yang bukan adaptasi dari manga. Tema besarnya sih mecha anime (anime tentang gundam dan robot-robot gitu lah). Skrip cerita atau penulis naskahnya adalah Ichiro Okouchi, disitu sudah ada judul Code Geass. Tapi karena si Mr. Ichiro ini kayaknya ga terlalu pinter nggambar, dan dia nya juga bukan art design manga gitu, maka dibutuhkanlah artist manga profesional yang bisa membantu terwujudnya proyek ini. Akhirnya CLAMP diajak dan bersama-sama mereka saling memberikan ide tentang karakter serta diskusi untuk penggambaran karakter-karakternya.

Code Geass bersetting pada era masa depan dimana Jepang dikuasai oleh negara bernama Brittania. Brittania ini negeri jajahannya dimana-mana dan menurut peta malah hampir semua wilayah Eropa dan Amerika ini dimiliki Brittania. Jepang termasuk di dalamnya. Hal ini membuat bangsa Jepang asli sendiri tertindas secara sosial. Bahkan pada masa itu, nama Jepang sudah tidak dikenal banyak orang. Mereka cenderung menyebut Jepang dengan Area 11 dan menyebut bangsa jepang sebagai bangsa ‘eleven”. Bangsawan Brittania berada pada strata tertinggi di Jepang, ini membuat harga diri bangsa jepang asli terinjak-injak sehingga banyak pemberontakan-pemberontakan kecil di jepang terhadap kekaisaran Britannia. Tapi Kekaisaran Brittania terlalu tangguh sehingga pemberontakan-pemberontakan bangsa Jepang dengan mudah dapat ditumpas. Sampai pada munculah sosok mahasiswa, Lelouch Lamperouge yang bersekolah di Ashford Academy, sebuah kampus khusus untuk orang Britania maupun bangsawan Britania.

Lelouch ini sebenarnya adalah anak kesekian dari Kaisar Charles Vi Brittania, Kaisar ke-98 Brittania. Nama asli Lelouch sendiri adalah Lelouch Vi Brittania. Namun, Lelouch dan adiknya, Nunally sengaja dibuang ke Jepang ketika mereka masih anak-anak, setelah mereka menjadi saksi pembantaian ibu mereka sendiri, Marianne Vi Brittania. Sejak itu Lelouch membenci ayahnya sendiri karena tidak melakukan apa-apa dan bersikap acuh pada kasus kematian ibunya. Selain itu, kejadian itu juga membuat Nunarlly, adik Lelouch mengalami kebutaan dan cacat. Di Jepang, Lelouch dan Nunally diasuh oleh Perdana Menteri Jepang yang kala itu masih merdeka dan menjadi negara bebas, yaitu perdana menteri Kururugi. Disitulah, Lelouch dan Nunally menjalin persahabatan dengan anak perdana menteri, Suzaku Kururugi. Tapi mereka berpisah setelah beberapa tahun kemudian terjadi perang antara Jepang dan Brittania, menyebabkan Jepang dikuasai Brittania dan.

Itu flashbacknya ya, pada intinya sih, Code Geass itu menceritakan tentang pemberontakan Lelouch terhadap Kekaisaran Brittania. Ketika Lelouch sudah jadi mahasiswa di Ashford Academy, Lelouch mengikat perjanjian kontrak dengan seorang penyihir bernama CC. CC memberikannya sebuah kekuatan Geass, yaitu kekuatan raja dimana membuat Lelouch dapat menghipnotis siapa saja agar menuruti perintahnya. Sebagai gantinya, Lelouch akan memberikan apa yang diminta CC, yaitu sebuah permintaan yang akan dilaksanakan pada akhir kontrak. Permintaan CC ini ter-reveal pada akhir-akhir seri sih.

CLAMP mengeluarkan artbook Code Geass versi CLAMP sendiri dengan judul mutuality. Art-art nya dipakai untuk BGM di ending ost Code Geass season 2. Dan jujur aja, art CLAMP jauh lebih bagus ketimbang yang dipakai di anime. Yah, yang dipakai di anime itu sudah hasil modifikasi Takahiro Kimura, supaya lebih fit dipakai ke layar anime. Karena memang CLAMP ini kan spesialisnya manga, jadi gambarnya ya bagus buat manga tapi kalau sudah ke anime kudu di modif lagi. But original character design artistnya tetep lah si CLAMP.




2 . Blood-C
Review kali ini membahas salah satu anime hasil projek kolaborasi CLAMP dan I.G Production studio. Jadi awalnya CLAMP diajak untuk memproduksi projek yang dinamakan ‘the blood series’. Menyusul kesuksesan projek pertamanya, yaitu the blood+ pada tahun 2005-2006, dibuatlah ide untuk seri the blood yang baru. Dari situ terbentuklah ide membuat Blood-C ini sekaligus menjadikan Blood-C sebagai projek kedua dari keseluruhan dari projek ‘the blood series’. Khusus untuk the Blood-C ini, I.G menggandeng CLAMP untuk menulis cerita dan mengilustrasikan karakter-karakternya. Anime series dirilis pada tahun 2011, dan untuk final end nya dieksekusikan lewat film, ‘the blood-C ; the last dark’ pada tahun 2012. Menyusul anime, dibuatlah manga yang dipublikasikan lewat majalah Kadogawa Shoten pada tahun 2011-2012. Volume dari manga sendiri hanya ada 4, dan yang mengilustrasikan ulang untuk manga adalah ranmaru konote. Jadi CLAMP posisinya disini cuman di original story writing aja.

Blood-C bercerita tentang seorang gadis kelas 2 SMU bernama Saya Kisaragi, yang tinggal di sebuah kota semi desa kecil gitu deh pokoknya. Nah disini, saya bertugas untuk menjaga penduduk kota dari serangan monster yang disebut elder bairn. Monster jenis ini konon suka menganggu penduduk kota dengan memakan manusia. Untuk itu Saya, yang tinggal di kuil bersama ayahnya, Tadayoshi, harus membunuh para elder bairn yang suka menganggu ini. Tadayoshi lah yang memberikan katana untuk Saya dalam aksinya. Tadayoshi tahu tugas berat Saya, untuk itu dia selalu menjaga dan mengkhawatirkan Saya.



Dan.... kolaborasi yg dibuat oleh CLAMP baru2 ini :





3 . Kabukibu!
Anime Kabukibu! yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Yuri Eda akan menggunakan draft karakter yang ditangani oleh CLAMP. Bersamaan dengan diumumkannya hal ini, visual illustration anime ini yang digambar oleh CLAMP pun dipublikasikan.

Novel Kabukibu! Menceritakan perjuangan seorang murid SMA yang menyukai Kabuki bernama Kurogo Kurusu bersama teman-temannya yang bertujuan membentuk klub Kabuki. Novel ini saat ini telah mencapai jilid kelimanya yang akan diterbitkan pada tanggal 25 November 2016.

Anime ini direncanakan akan tayang mulai bulan April 2017 pada saluran TV TBS dan BS-TBS. Penyutradaraan anime ini akan dilakukan oleh Kazuhiro Yoneda (Yona of The Dawn), sedangkan naskah cerita anime ini akan dikerjakan oleh Yoshiko Nakamura. Desain karakter untuk anime ini akan dikerjakan oleh Majiro, dan produksinya akan dilakukan oleh Studio Deen.
Sources :





Sumber :
http://timopon.blogspot.co.id/2010/04/review-anime-kobato.html 
http://bagusadisatya.blogspot.co.id/2014/04/kobato.html










"Wahh....puuuanjaaannnnggg buuuaaangggeeettt yaa artikelnya. Yahh, namanya juga membahas seluk beluk CLAMP, padahal ini juga dibuat seringkas mungkin lho.
Mungkin ada yg sempat jenuh membaca pas baru sampai di pertengahannya yaa.. hayoo siapa yg begitu tuh.. :D "


Nah, begitulah kira2 yg dapat saya bagikan untuk artikel kali ini. Penasaran ingin menonton anime atau membaca manga nya. Yahh, kalo bagi yg cuma melihat segi kualitas grafik nya sih lebih baik kalian pikir2 dulu yaa. Karya2 CLAMP memang dikenal dengan visual art karakter yg sangat elegan dan khas banget yaa ibaratnya seperti karya seni kelas dunia yg padahal karya2 nya juga udah mendunia sih.
Dan satu lagi, dari segi cerita juga sangat berkualitas dan unik bahkan memberikan sensasi yg mantap banget walau terasa agak membuat frustrasi, karna ada juga karya2 mereka yg ceritanya mampu membuat penonton/pembaca menjadi mind-twisting dan terkesan emosional, namun, tetap saja ada rasa penasaran untuk membaca/menontonnya terus dan terus lagi.
Jadi berbeda dengan visual art anime2 pada umumnya, bahkan sangat jarang banget para mangaka2 lainnya memiliki visual art seciamik seperti CLAMP karna kebanyakan dari para mangaka lainnya lebih mengikuti perkembangan jaman dari pada bertahan pada originalitas diri sendiri. Yahh, benar atau tidaknya kalian bisa menilainya sendiri deh perbedaannya masing2.
Sekian dari saya untuk hari ini.. oyasuminasai.. mata ashita minna-san!! ^_^"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar